Pencarian pada:
 
Detail Cantuman Filmografi
Judul Film : Atheis
Sutradara : Sjuman Djaya
Produser : Sjuman Djaya; Handojo
Pemeran_utama : Deddy Sutomo; Christine Hakim
Pemeran_pembantu : Farouk Afero; Aedy Moward; Ernie Djohan; Maruli Sitompul; Kris Biantoro; Rita Zahara; Emmy Salim; Kusno Sudjarwadi
Keterangan : [ Tidak dicantumkan ]
Deskripsi_fisik : Film berwarna, Durasi 146 menit
Media : Seluloid
Subjek : Drama sosial
Bahasa : Bahasa Indonesia
Penulis_skenario : Sjuman Djaya
Penulis_cerita : Achdiat Kartamihardja
Penata_artistik : Djufri Tanissan
Penata_suara : Ibnu Hasan
Penata_musik : Idris Sardi
Penata_foto : Sjamsuddin Jusuf
Penyunting : Soemardjono
Soundtrack : [ Tidak dicantumkan ]
Judul_lain : [ Tidak dicantumkan ]
Catatan : Sama seperti saat novel dengan judul sama beredar, filmnya juga menimbulkan kontroversi, bahkan saat masih dalam proses perencanaan. Buya Hamka menjadi supervisor untuk film ini. Film ini mendapat pujian dalam resensi-resensi, tapi kurang berhasil di pasar. - Plakat Djamaluddin Malik, FFI 1975, untuk film novel terbaik.
Sumber :

Katalog Film Indonesia 1926-2007 / JB Kristanto.-- Jakarta: Nalar, 2007

Tema sentralnya adalah keberadaan Tuhan. Sebuah bom atom meledak di Hiroshima dengan derita yang menyertainya, merupakan awal film. Hasan (Deddy Sutomo), santri keturunan, masa kanak-kanaknya sangat tradisional, pendidikannya setengah-setengah, dan pegawai Perusahaan Air Minum (PAM) di Bandung pada tahun 40an. Waktu anak-anak jatuh cinta pada Rukmini (Christine Hakim), tapi waktu dewasa terpesona pada Kartini (Emmy Salim), perempuan bebas dan berpaham modern. Emmy ini bergaul erat dengan Rusli (Kusno Sudjarwadi), partisan yangbergerak dibawah tanah dan sahabat masa kecil Hasan. Tokoh-tokoh ini, ditambah lagi dengan Anwar (Farouk Afero) yang nihilis, menjelaskan tema dan alur konflik tentang kolot-modern, dan soal Tuhan. Hasan yang peragu dan terombang-ambing, suatu saa melihat kenyataan paling pahit dalam hidupnya: istrinya, Kartini, menginap satu losmen dengan si nihilis Anwar. Keputusan diambil: hadir atau tersingkir. Ia berangkat membunuh Anwar. Tokoh lainnya juga berakhir dengan kematian. Rusli ditembak Kempetai. Hasan pun tertembak Jepang saat dendamnya terlunasi, dan bersamanya berakhir pula pengejaran cakrawala yang dilukiskan saat Hasan kecil.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia